Mengatasi Mobil Overheat

Banyak hal yang mungkin terjadi ketika kita sedang mengendarai mobil dan dalam sebuah perjalanan. Masalah-masalah ini bisa jadi berat atau ringan, tapi apa pun itu penanganan pertama yang bisa kita lakukan akan berpengaruh untuk kita bisa mengatasi keadaan dan mencegah kerusakan lebih jauh.

Salah satu masalah yang sering terjadi adalah mobil overheat atau panas, kondisi ketika suhu panas mesin melebihi suhu optimal mesin. Biasanya overheat akan ditunjukkan oleh jarum penunjuk temperature yang mengarah ke atas, melebihi normal, atau beberapa kasus kap berasap. Banyak hal yang bisa menyebabkan mesin overheat, terutama bila mobil bekerja lama di kemacetan, dan dengan sistem pendingin yang bermasalah. Namun, jika ini terjadi dengan Teman Seiken, lakukan hal berikut ini untuk mengatasi masalah overheat di mobil.

  • Matikan mobil

Jika tanda-tanda overheat, langsung pinggirkan mobil dan hentikan mobil. Ini penting untuk dilakukan supaya tidak membuat kerusakan yang lebih jauh pada mobil.

  • Buka kap mesin mobil

Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah melepaskan hawa panas yang ada di bagian mesin, dengan cara membuka kap mobil. Berhati-hati saat membuka kap mobil, jangan sampai terkena hawa panas yang keluar dari kap.

  • Tunggu sebelum membuka tutup radiator

Hindari untuk membuka tutup radiator secara langsung. Kondisi mesin yang panas bisa menyebabkan semburan dan uap panas yang bisa berbahaya dan melukai. Tunggu sampai keadaan mereda dan mesin tidak terlalu panas untuk membukanya. Salah satu cara menurunkan suhu bisa dengan menyiramnya dengan air biasa, jangan gunakan air dingin.

  • Periksa cadangan air radiator

Periksa kadar air di cadangan air radiator, jika ternyata cadangan air kurang lakukan pengisian. Cadangan air ini penting untuk membantu mendinginkan mesin saat mobil bekerja.

Setelah melakukan hal-hal di atas, sebaiknya segera mencari bantuan. Mobil bisa dijalankan, namun bawa air untuk mengisi cadangan air, juga untuk berjaga-jaga mobil kembali panas di jalan. Segera bawa ke bengkel terdekat untuk mengetahui penyebab overheat dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Scroll to Top
Open chat