Kenali Jenis Mobil dan Perbedaannya

Jenis mobil yang beredar di Indonesia cukup banyak, sesuai dengan kebutuhan dan penggunaannya. Perbedaan ini bisa banyak berpengaruh untuk Teman Seiken ketika memilih mobil supaya mobilitas bisa maksimal. Setelah sebelumnya kita membahas 3 jenis istilah mobil yang banyak digunakan, berikut beberapa istilah lagi yang penting untuk diketahui.

  1. Crossover

Mobil crossover hadir untuk menjawab kebutuhan akan mobil yang tangguh SUV namun tetap aerodinamis seperti mobil hatchback. Tidak heran kalau dari segi desain mobil-mobil crossover memiliki tampilan sporty dengan ground clearance yang cukup tinggi seperti SUV, untuk mengantisipasi daerah-daerah yang cukup sulit. Di sisi lain, desainnya masih terlihat cukup aerodinamis sehingga gesit untuk dipakai berkendara di dalam kota. Jenis mobil crossover ini meliputi Nissan Juke, Xpander Cross, dan juga Mazda CX-3.

  1. Sedan

Sejak awal, jenis mobil sedan bukan lagi jenis yang asing untuk kita. Sedan memiliki kekhasannya tersendiri dengan bagasi yang cukup luas di belakang. Pada dasarnya, sedan memang bukan diperuntukkan untuk banyak penumpang, maksimal 4-5 orang. Kapasitasnya yang kecil ini diimbangi dengan kestabilan performanya yang membuat sedan sangat cocok untuk dipakai berkendara di dalam kota dan jarang dipakai untuk perjalanan jauh. Jenis mobil sedan ini juga dipakai untuk dimodifikasi menjadi mobil balap.

  1. Citycar

Istilah citycar juga sering digunakan untuk kendaraan-kendaraan kecil yang digunakan untuk mobilitas di dalam kota. Mobil-mobil citycar memang lebih menekankan pada kepraktisan berkendara di dalam kota. Bentuknya yang kecil dan juga bagasinya yang terbatas membuat mobil ini tidak memuat lebih dari 4 penumpang. Tapi keuntungannya, dari segi harga dan juga konsumsi bahan bakar, mobil city car terkenal irit. Mobil citycar yang beredar sekarang seperti Toyota Agya, Datsun Go, dan lainnya.

  1. LCGC (Low Cost Green Car)

Istilah LCGC hanya akan Teman Seiken temukan di Indonesia. Istilah ini diciptakan untuk mengkategorikan mobil-mobil yang rendah emisi dan irit bahan bakar. Mesin yang digunakan pun berkisar antara 1.000 cc- 1.200 cc, yang tentunya membuat  bahan bakar lebih irit. Dari segi harga yang ditawarkan, mobil-mobil LCGC tergolong murah. Mobil-mobil yang termasuk dalam LCGC adalah Daihatsu Sigra, Toyota Calya.

Scroll to Top
Open chat