Mobil Tertua di Dunia

Mobil mengalami sejarah panjang sebelum akhirnya menjadi mobil-mobil futuristik dan berbagai alternatif tenaga yang kita kenal saat ini. Dan bahkan perkembangan mobil tidak akan pernah berhenti, dengan semua inovasi dan teknologi yang selalu ikut berkembang. Tapi, jauh sebelum akhirnya kita menikmati kenyamanan mobil seperti yang kita kenal saat ini, mobil dikembangkan dari tenaga uap. Dulu sekali mobil bertenaga uap ini dibutuhkan untuk mempermudah angkutan senjata perang. Tapi, karena seringnya terjadi kecelakaan, maka teknologi nya pun berkembang menjadi tenaga bensin.

Di antara deretan mobil-mobil yang diciptakan, lima mobil di bawah ini secara tidak langsung diresmikan sebagai mobil-mobil tertua :

  • Cugnot Fardier

Nama mobil ini mengikuti penciptanya, Nicolas Joseph-Cugnot, seorang insyur di Angkatan Darat Perancis. Sebetulnya sebelum lahirnya Cugnot, Ferdinand Verbiest juga memperkenalkan mesin tenaga uap, namun desainnya terlalu kecil sehingga tidak mungkin dibangun ataupun dinaiki oleh manusia. Cugnot kemudian memperkenalkan kereta uap pertama yang mampu mengangkat manusia dan perlengkapan. Tapi, mobil dengan kecepatan 1,6 km/jam ini harus berhenti setiap 10-12 menit untuk membangun tekanan uapnya. Saat ini mobil ini menjadi penghuni di Museum des Arts at Meitiers di Paris, Perancis.

  • Hancock Omnibus

Walter Hancock mengikuti jejak Cugnot sebagai penemu mobil mesin uap, yang kemudian juga dikenal sukses mengangkut penumpang. Sepanjang dua tahun penggunaannya, Hancock Omnibus berhasil mengangkut sekitar 4000 penumpang dalam perjalanan antara London dan Paddington.

  • Grenvile Steam Carriage

Robert Neville Grenvile kemudian juga mulai merancang sendiri mobil uapnya. Saat itu mobil-mobil uap ini diproduksi sendiri dengan biaya dan bahan baku sendiri, yang membuat operasionalnya menjadi cukup mahal. Desain mobil ini lebih mirip sebagai kepala lokomotif. Tetapi mobil ini mampu mengangkut tujuh orang penumpang dengan satu penumpang yang bertugas terus menjaga tekanan uap.

  • La Marquise

Mobil yang dirancang oleh trio De Dion, Bouton, dan Pardox ini merilis dirinya sebagai mobil balap pertama di dunia dengan kecepatan rata-rata 25,6 km/jam, dan kecepatan tertinggi mencapai 61 km/jam. Bahan bakar yang digunakan adalah pembakaran kayu, batu bara, dan potongan kertas, dan membutuhkan sekitar 30-40 menit untuk membangun tenaganya.

  • Benz-Patent Motorwagen keluaran 1886

Walaupun mobil bertenaga bensin pertama ini dirilis tahun 1885, namun baru dipatenkan di tahun 1886. Rilisan pertamanya mampu mencapai 2 per 3 dari tenaga kuda.

Scroll to Top