Penyebab Lampu Mobil Redup

Lampu mobil menjadi salah satu komponen yang menunjang keselamatan berkendara. Lampu mobil dikenal sebagai salah satu active safety system, yang akan secara aktif menjaga keselamatan pengemudi ketika berkendara di malam hari atau dalam kondisi penerangan yang kurang baik. Karena itu, sebaiknya lampu mobil menjadi salah satu komponen yang harus dirawat dan dijaga supaya tidak redup. Sering kali, pengemudi mobil merasa kalau bohlam lampu yang dipakai kurang maksimal sehingga mereka menggantinya dengan bohlam HID atau yang kelvinnya lebih tinggi. Tanpa disadari, bohlam-bohlam jenis ini bisa menimbulkan masalah baru. Lampu redup tidak melulu diakibatkan oleh lampu yang kurang terang, tapi bisa juga disebabkan oleh hal-hal di bawah ini :

  • Usia bohlam, terutama dalam mobil-mobil lama bisa menyebabkan intensitas terangnya tidak seperti awal. Jika kasus seperti ini terjadi, berarti sudah waktunya Teman Seiken mengganti bohlamnya. Sebaiknya gunakan bohlam standar supaya tidak mempengaruhi kerja mesin dan aki.
  • Lapisan mika yang menguning juga bisa menjadi penyebab lampu redup. Hal ini terjadi bisa karena usia mika yang sudah tua, atau bisa juga karena penggunaan bohlam yang lebih panas dan tidak sesuai standar. Panas yang berlebih dari bohlam bisa membuat mika menjadi kuning.
  • Reflektor lampu yang rusak juga bisa menurunkan kinerja dan fokus lampu mobil. Biasanya kerusakan reflector disebabkan oleh penggunaan bohlam dengan kelvin yang tinggi. Bohlam yang panas akan mengganggu reflector bahkan membuatnya terbakar.
  • Relay yang longgar atau tidak terpasang dengan baik juga bisa menjadi penyebab lampu redup. Relay yang berfungsi sebagai jembatan antara arus listrik ke lampu akan menyebabkan intensitas nyala lampu berkurang.
  • Hal lain yang juga berpengaruh adalah kondisi soket lampu. Soket yang karatan akan menyebabkan tegangan yang masuk ke lampu berkurang dan lampu menjadi kurang terang. Selain itu, soket yang meleleh karena posisi pemasangan yang kurang pas juga akan menjadi hambatan arus listrik.

Sebagai salah satu komponen utama penyuplai listrik, aki lemah tentu saja akan berpengaruh ke seluruh komponen mobil terutama juga lampu. Ketika kelistrikan di dalam mobil terganggu tentu suplai listrik menjadi tidak maksimal dan menyebabkan efek pada mobil, salah satunya adalah lampu yang redup.

Scroll to Top