Aki sebagai penyuplai kelistrikan dalam mobil memegang peranan penting dalam berkendara. Kondisi aki yang tidak baik bisa membuat mobil mati atau mogok. Perawatan aki sebetulnya tidak sulit selama kita cermat dan teliti dalam pemakaiannya. Seperti, mencermati tanggal pergantian aki, dan juga perawatan aki. Beberapa pemakaian yang salah juga bisa membuat aki cepat tekor dan harus diganti sebelum masanya habis. Supaya pemakaian aki tetap maksimal dan panjang, berikut beberapa tips untuk menghindari aki tekor :
- Mobil dalam keadaan mati berarti mesin tidak dalam keadaan memanas dan tidak menyuplai listrik ke aki. Lama kelamaan, aki bisa soak dan tidak bisa berfungsi dengan baik. Karena itu, walaupun jarang digunakan, sebaiknya mobil tetap dipanaskan paling tidak satu kali seminggu untuk memastikan aki tetap mendapat suplai listrik yang cukup.
- Penggunaan berbagai macam aksesori memang bisa membuat mobil menjadi lebih bagus dan keren. Tapi penggunaan aksesoris ini juga harus dicermati supaya tidak memakan kapasitas aki yang besar. Beberapa aksesoris yang perlu diperhatikan adalah audio mobil dan juga penggunaaan lampu projector atau HID. Sebaiknya Teman Seiken melihat dulu kemampuan ampere aki dengan kapasitas aksesoris yang dibutuhkan untuk memastikan aki baik-baik saja.
- Mobil yang dipakai dengan lebih sering dan mobilitas tinggi akan membuat aki bekerja terus menerus. Sama seperti komponen lain dalam mobil yang sering digunakan, usia aki akan lebih cepat habis bila dibandingkan dengan mobil yang jarang digunakan.
- Pemilik mobil banyak yang memilih aki basah karena bisa diisi ulang sehingga masa pakainya lebih lama dan juga perawatannya lebih lama. Namun, ketika menggunakan aki basah yang harus dicermati adalah ketersediaan air aki. Sebaiknya cek secara berkala air aki dan cepat mengisinya kalau habis. Air aki yang habis akan menyebabkan aki tekor dan mudah soak.
- Alternator menjadi salah satu komponen penting karena bertugas menjaga kondisi aki tetap penuh dan mampu menyuplai kebutuhan listrik mobil. Kerusakan pada alternator bisa menyebabkan aki tidak bisa dinyalakan lagi.