Tip Perawatan Rem Mobil, Jangan Sampai Dilewatkan!

Komponen penting yang menjadi salah satu penentu dalam keselamatan berkendara adalah rem. Sebagai salah satu komponen penting, rem juga harus diperhatikan perawatannya. Rem hidrolik, rem tromol, rem cakram, maupun rem ABS (anti-lock braking system) harus selalu dijaga kondisinya. Perawatan rem mungkin tidak mudah dilakukan sendiri, membutuhkan montir ahli untuk perawatan, tetapi sebagai pengguna kita bisa mendeteksi awal perawatan rem yang dibutuhkan.

Indikasi awal pada mobil yang sudah menggunakan sistem ABS adalah lampu indikator ABS yang menyala. Lampu ini biasanya terletak di dashboard mobil dekat dengan penunjuk kilometer. Kalau lampu ini menyala berarti ada yang tidak normal pada sistem rem.

Indikasi lain jika rem mobil bermasalah adanya getaran atau bunyi pada saat menginjak rem. Ini menandakan adanya benjolan atau permukaan yang tidak rata pada rem. Bau hangus yang tercium ketika mengerem juga indikasi lain adanya kerusakan pada komponen ini. Bau ini bisa muncul karena adanya kebocoran pada caliper rem.

Berikut beberapa tip yang bisa Teman Seiken lakukan dalam merawat rem :

  1. Rutin periksa minyak rem

Minyak rem menjadi komponen paling penting dalam menjaga kondisi rem. Lakukan pengecekan dan penggantian secara rutin, sesuai dengan jarak kilometer yang diharuskan. Pilih minyak rem yang memang dipercaya memiliki kualitas terbaik. Minyak rem Seiken sudah dikenal digunakan oleh merek-merek mobil terkenal untuk menjaga kualitas rem mobil.

  1. Rutin cek ketebalan kampas rem

Kampas rem umumnya bisa bertahan sampai 25.000 km pemakaian. Tapi, semua akan tergantung pemakaian. Jika mobil dipakai di medan yang cukup berat, kampas rem juga bisa menipis dengan cepat. Karena itu, dibutuhkan pengecekan kampas rem yang rutin.

  1. Rutin cek sepatu rem

Sepatu rem juga perlu dicek. Biasanya sepatu rem memang baru diganti setelah 100.000 km pemakaian. Atau bisa juga memakai patokan setiap penggantian kampas keempat sekaligus mengecek sepatu rem.

  1. Pembersihan debu

Debu-debu di rem bisa dibersihkan secara berkala dengan cairan pembersih rem. Hilangnya debu juga bisa meminimalisir kerusakan pada komponen rem.

 

Scroll to Top